750

Ada beberapa cara menghitung bandwidth guna mengukur seberapa besar kecepatan internet yang kita butuhkan. Tentu setiap orang memiliki kebutuhan internet yang berbeda-beda. Ada yang membutuhkan internet hanya untuk browsing. Ada beberapa orang yang rutin menggunakan video call, meeting online hingga gaming setiap harinya. Bagi seorang content creator di Youtube, kebutuhan internet mereka akan lebih tinggi untuk mengunggah content yang sudah dibuat.

Guna mengetahui berapa kecepatan internet yang dibutuhkan, kamu harus dapat menghitung bandwidth terlebih dahulu. Lantas, apa itu bandwidth dan bagaimana cara menghitungnya?

Apa itu Bandwidth?

Pasti ada banyak dari antara kalian yang sering mendengar bandwidth, namun tidak tahu apa artinya . Bandwidth adalah jumlah informasi atau data yang bisa didapat dalam sekali akses.

Misalnya, ketika kamu membuka halaman Facebook pribadi, ada banyak informasi atau data dari Facebook yang perlu diambil untuk dapat ditampilkan pada browser. Jika internet kamu membutuhkan waktu yang lama untuk mengumpulkan seluruh informasi dan data tersebut dan menyajikannya di tampilan browser, maka bisa dipastikan bahwa internet yang digunakan saat ini memiliki bandwidth yang kecil.  Jadi  bisa disimpulkan, semakin besar ukuran bandwidth yang dimiliki, maka kecepatan internet akan semakin tinggi juga. Sebaliknya, semakin kecil ukuran bandwidth yang dimiliki, maka kecepatan internet akan semakin lambat.

Cara Menghitung Bandwidth

Berikut ini, ada 3 cara menghitung bandwidth sesuai dengan penggunaannya. Namun sebelum melihat cara menghitungnya, kamu harus mengetahui sejumlah ukuran bandwidth agar dapat memahami pembahasan artikel ini, yaitu:

Kbps (Kilobits Per Second)            = 1.000 bit/detik

Mbps (Megabits Per Second)      = 1 juta bit/detik

Gbps (Gigabits Per Second)          = 1 milyar/detik

Tbps (Terabits Per Second)          = 1 Triliun/detik

Setiap provider internet akan memberitahukan kecepatan internet yang bisa kita peroleh , seperti halnya IdPlay yaitu paket single play yang menawarkan kecepatan internet up to 10 Mbps dan paket tertinggi premium play hingga 50 Mbps , berarti kamu bisa mendapatkan bandwidth internet sebesar 20 juta bit/detik. Lalu, setelah mengetahui berbagai macam ukuran bandwidth, simak cara perhitungannya di bawah ini:

1. Penggunaan Ringan

Berinternet yang tergolong ke dalam penggunaan ringan adalah browsing website, penggunaan aplikasi chat seperti WhatsApp, dan jenis kegiatan internet lainnya yang hanya berbasis teks saja. Biasanya penggunaan ringan seperti ini hanya membutuhkan kecepatan bandwidth sebesar kurang lebih 200 Kbps.

2. Penggunaan Sedang

Instagram, akses Google Drive, dan kegiatan internet yang berhubungan dengan gambar atau video ringan masuk ke dalam golongan penggunaan internet dengan kapasitas sedang. Biasanya kecepatan bandwidth yang dibutuhkan agar akses internet tetap lancar adalah 500 Kbps.

3. Penggunaan Berat

Bagi kamu yang suka melakukan streaming video Youtube, gaming, drama series di layanan TV online, atau pun sering mengunggah video berukuran besar, maka kegiatan tersebut masuk ke dalam penggunaan berat. Setidaknya, kamu membutuhkan bandwidth berukuran 1 Mbps atau lebih. Tentu saja, semakin tinggi bandwidth yang kamu miliki, semakin cepat pula akses internet yang dapat dirasakan.

Itu dia beberapa cara menghitung bandwidth sesuai dengan kebutuhan yang perlu kamu ketahui. Tentunya, jika kamu tinggal dengan banyak anggota keluarga yang menggunakan satu sumber internet, maka kamu perlu menghitung penggunaan internet setiap orang agar dapat memiliki internet dengan bandwidth yang tepat dan tidak mengganggu aktivitas internet masing-masing orang. Apabila saat ini kecepatan internet di rumah sangat lambat, silakan cek harga pasang WiFi rumah dengan berbagai pilihan paket menarik hanya dari Id Play

Share

Post comment

Go top