114

Sejak pandemi melanda Indonesia pada 2020, masyarakat dihadapkan dengan berbagai pola aktivitas baru. Kegiatan yang bersifat tatap muka dibatasi guna menekan penyebaran virus corona. Alhasil, kegiatan bekerja, belajar, bahkan berbelanja dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital dari rumah. Hal ini membuat kebutuhan akses internet di rumah meningkat drastis.

Melalui data yang diperoleh dari Kementrian Komunikasi dan Komunikasi (Kominfo RI) di pertengahan 2021, pergeseran aktivitas dari perkantoran ke permukiman penggunaan internet yang tadinya berpusat di perkantoran kini lebih banyak digunakan di permukiman dan meningkat sekitar 30 hingga 40 persen. Selain itu, penggunaan pada daerah tertinggal juga memiliki peningkatan sebesar 23 persen

Kenaikan pengguna juga tercatat dalam survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang dilaksanakan pada 2-25 Juni 2020 dan melibatkan 7.000 responden di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Laporan Survei Internet APJII kuartal II 2020 menyebutkan bahwa penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai 73,7 persen atau 196,71 juta pengguna. Dari survei tersebut juga diketahui alasan masyarakat dalam menggunakan internet. Tercatat, 29,3 persen responden memakai internet untuk berkomunikasi. Kemudian, disusul bermedia sosial 24,7 persen, mengakses hiburan 9,7 persen, mengakses layanan publik 7,6 persen, dan 4,8 persen berbelanja online.

Menyediakan kebutuhan internet masyarakat Saat ini, operator internet senantiasa berupaya menambah kapasitas jaringan serta melakukan optimalisasi pengiriman dan penerimaan data agar hasilnya cepat dan berkualitas. Salah satunya adalah idPlay di usianya yang masih sangat muda, idPlay terus belajar dan memperbaiki di semua aspek, mulai dari pelayanan hingga product yang kompetitif hingga dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Di moment hari kemerdekaan RI ke 76, IdPlay juga menawarkan program khusus melalui promo kemerdekaan diskon 17%, dengan perincian harga untuk home package dari 179 ribu kini selama bulan Agustus 2021 menjadi 149 ribu/Bulan dengan kecepatan hingga 10 Mbps , sedangkan Business package dari 780 ribu kini menjadi 648 ribu / bulan.  

Share
Go top